Website Resmi Negeri Adm Lafa Kecamatan Telutih

SEJARAH NEGERI

Negeri ini berasal dari negeri  di dataran pegunungan  yang teretak di seram utara wahai. Kehidupan sehari-hari mereka tergantung pada alam lingkungan di mana mereka berada, yang pada akhirnya ketika alam tidak lagi memberikan penghidupan yang baik maka untuk memperbaiki taraf hidup itulah sebagian dari mereka melakukan perjalanan turun dari pegunungan  ke tempat yang lainnya yang mereka anggab dapat memberikan penghidupan yang lebih baik dari negeri induknya. Dalam perjalanan mereka tibalah mereka pada suatu tempat untuk beristirahat, namanya wae fito atau luma soa. Mereka terus melakukan kegiatan dan mengembangkan kehidupan yang lebih baik.. Setelah mereka tinggal beberapa waktu lamanya mereka mulai berunding untuk membentuk negeri yang difinitif dan memiliki nama yang baku bagi generasi yang akan datang,dari perundingan itu maka ada kesepakatan untuk memindahkan negeri ketempat yang baru.awalnya di setujui untuk ditempatkan pada daerah USI TOTUN (NUNUMAHU : waringin merah) namun ada beberapa pertimbangan yang sangat mempengruhi teristimewa adalah prsoalan pelabuhan.Maka terjadi  kesepakatan lagi untuk dialihkan ke pantai yang pelabuhannya tenangn yaitu Dipantai LUSILALA.Dengan demikian terbentuklah negeri yang baru dengan pemerintahan yang baru pula. Tibalah mereka di tempat tersebut dan membangun sebuah perkampungan baru dan perkampungan tersebut di namakan lapa ( Lompa ). Adapun matarumah yang ada di negeri lapa atau lafa adalah :

  1. Mata rumah TEHUAYO terdiri dari marga Tehuayo dan Marga Solaulu, Delly, solly, Abrahams, Rupidara, Yokteri, Koupun, Bala
  2. Mata rumah SERUMENA terdiri dari marga serumena , Lakussa, Wadaporu,Manhuri, rumata, tamatayo dan ode
  3. Mata rumah ILELA terdiri dari marga Ilela , Rehena , Keya, Mesiapy, Mausimlay, Sapulette , Lewen , Mojenina , Tilaporu, Kel Islam
  4. Mata rumah SILAWANE terdiri dari marga Silawane, Tamala, Tutuhatunewa, Poprey, Baker

Kehidupan masyarakat negeri lafa terus mengalami perkembangan seiring dengan tuntutan zaman. Negeri lafa awalnya dipimpin oleh seorang upulatu yang disapa “ontua”Leahua Ilela, yang dilantik pada tanggal 12 Ferbuari 1798 di New Victoria yapono Ambon oleh ResidenHolandia Belanda.

Sebelumnya telah dikukuhkan oleh semua moyang dari ke empat matarumah pada musyawarah adat di Alefito Bahasa Belanda Alvoce(Lumasou) tempat para moyang kelompok kedua tinggal.sejak itu pula ONTUA LEA HUA ILELA dan keturunannya dikukuhkan sebagai keluarga mata rumah Parenta.